Persaingan Ketat MotoGP Australia 2017


Para pebalap MotoGP telah menyelesaikan balapan Grand Prix (GP) Australia 2017 yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Minggu (22/10/2017). Pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez berhasil keluar sebagai pemenang dan memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 269 poin.

MotoGP Phillip Island Australia menjadi balapan paling seru dan balapan terbaik di musim 2017 ini, alasannya karena jarak pebalap sangat rapat dan ketat. Diantaranya ada delapan pebalap yang bersaing di kelompok terdepan. Ada Marquez, Rossi, Vinales, Zarco, Andrea Iannone, Jack Miller, Cal Crutchlow, dan Alex Rins yang saling menyusul, setiap pebalap sangat agresif dan berkali-kali bersentuhan sehingga membuat penonton ikut merasakan adrenalin para pebalap.

Marc Marquez sukses menaklukkan lintasan sepanjang 4,4 km di pulau Phillip Island dalam kondisi trek kering. Marquez, nyaris terjatuh di lap ketiga usai bersenggolan dengan Johann Zarco. Pebalap Repsol Honda itu sempat melorot ke posisi empat, namun berhasil bangkit kembali. Marquez melakukan manuver membahayakan terhadap Rossi di tikungan kedua lap ke-19. Akibatnya Rossi melebar dan sukses disalip Marquez.

Marquez bertanding dengan tenang dan perlahan-lahan menyalip rival lain dan kukuh di urutan pertama sejak lap ke-21. Memasuki lap 24, urutan mulai berubah. Dua rider Yamaha berbeda Tim, Valentino Rossi dan Maverick Vinales mulai bersaing sengit untuk posisi kedua.

Hingga akhirnya, lap terakhir secara berurutan diisi oleh Marquez, Rossi, Vinales, Zarco dan Cal Crutchlow. Nama-nama itulah yang hingga akhir garis finis berhasil mengisi Top Five GP Australia 2017. Pujian pantas diberikan kepada Rossi yang tampil apik di sepanjang lomba. Ia berhasil mengungguli Johann Zarco dan Vinales yang sempat memimpin balapan. Sementara rider andalan Tim Ducati Corse, Andrea Dovizioso, hanya puas menyelesaikan balapan di urutan 13.

Dengan hanya dua balapan tersisa musim ini–GP Malaysia (29/10) dan GP Valencia (12/11) para pebalap mulai menyusun taktik jitu. Terlebih Marquez yang sudah unggul 33 poin dibandingkan Dovizioso. Ia hanya perlu menjadi juara ke- 2 di Sepang nanti untuk dapat mengantongi gelar juara dunia MotoGP 2017.

Share Button