MotoGP Malaysia 2017: Dovizioso Menunda Pesta Kemenangan Marc Marquez


MotoGP seri ke-17 di Sirkuit Sepang, Malaysia telah berlangsung pada hari Minggu (29/10/2017). Pembalap asal Italia, Andrea Dovizioso sukses mengakhiri balapan di posisi pertama dan menunda pesta kandidat juara dunia Marc Marquez, sebab Marquez hanya mampu finis di posisi ke empat. Namun kemenangan di MotoGP Malaysia 2017 ini diakui Dovizioso tidak membuatnya sebahagia kemenangan-kemenangan sebelumnya. Karena, Dovizioso tetap tertinggal 21 poin dari Marquez di klasemen MotoGP 2017.

Hujan yang mengguyur kawasan Sirkuit Sepang sesaat sebelum race dimulai membuat MotoGP Malaysia berlangsung dalam lintasan basah. Marquez yang start pada posisi 7 langsung melaju di barisan depan, Ia sempat memimpin balapan namun bepalap satelit Yamaha Tech3 Johann Zarco mencuri posisi depan. Persaingan di barisan depan mulai menunjukkan persaingan seru. Zarco yang menggunakan ban belakang soft mulai kehilangan grip. Jarak dengan Lorenzo dan Dovizioso di belakangnya mulai terpangkas sedikit demi sedikit.

Zarco akhirnya disalip oleh Lorenzo, kemudian tidak lama disusul Dovizioso. Duo Ducati memimpin di posisi pertama dan kedua. Pada balapan kali ini, sangat terlihat jika Dovizioso tampil ngotot untuk terus membuka peluang jadi juara dunia MotoGP. Sebaliknya, Marquez justru terlihat lebih santai. Kondisi trek yang sangat buruk membuat Marquez memilih bermain aman agar tak kehilangan lebih banyak poin.

Yang menarik di MotoGP Malaysia 2017 datang dari persaingan duo Ducati. Dimana seperti adanya tim order. Lorenzo yang tengah asyik memimpin, seolah mendapat perintah untuk menyerahkan podium pertama kepada Dovizioso. Mantan pembalap Yamaha ini terlihat mengurangi kecepatannya setiap putaran.
Jelang balapan berakhir, Lorenzo melebar di tikungan terakhir. Hal ini dimanfaatkan oleh Dovi untuk mengambil alih pimpinan. Posisi ini bertahan hingga balapan usai. Dovi menempati posisi pertama, Lorenzo posisi kedua, Zarco posisi ketiga, sedangkan Marquez di posisi empat.
Duo pembalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales tercecer dari deretan lima pembalap terdepan. The Doctor mengakhiri balapan di posisi ketujuh, sedangkan Vinales berada di peringkat delapan, kalah dari Jack Miller.

Apakah Marquez atau Dovizioso yang akan menjadi Juara Dunia MotoGP 2017? Penentuan Juara Dunia akan ditentukan pada balapan seri terakhir yaitu GP Spanyol di Valencia, 12 November 2017 mendatang.

Share Button